Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama

Admin
By -

 

Cara menyimpan kentang agar tidak cepat busuk

Halo sobat Nostapedia, pada beberapa waktu lalu ketika saya berkunjung disalah satu gudang penampungan kentang, saya ingin cari tahu bagaimana cara menyimpan kentang agar tahan lama. Sesampainya di gudang yang saya tuju mulailah terlihat ramai para pekerja yang sedang duduk, ada bapak-bapak dan juga ibu-ibu yang terlihat sangat cepat tanganya memilah-milah dan memisahkan kentang busuk kedalam wadah yang tersedia di sisi mereka.

Saya bertemu dengan pemilik dari usaha tersebut, dengan sambutan yang ramah dan jamuan kopi serta gorengan, beliau pemilik usaha jual beli kentang mengatakan beginilah aktivitas setiap hari di sini, para pekerja disini menyortir kentang yang kualitas bagus dan tahan lama tidak membusuk ketika dibawa untuk dijual ke luar daerah.

Beliau pemilih usaha ini juga mengatakan setiap kentang yang dibeli dari petani tidak sekaligus langsung, bisa seminggu satu kali bahkan sebulan bisa hanya empat kali. Agar kentang yang tadi telah di beli tidak cepat membusuk maka beliau memperkerjakan beberapa pekerja untuk menyortir kentang. Meskipun kuantitas akan menyusut tapi kata beliau lebih baik begitu dari pada harga anjlok kualitas tidak bagus.

Dari sekian banyak hal yang saya tanya pada pemilik usaha jual beli kentang ini, beliau dengan semangatnya menjelaskan cara menyimpan kentang agar tidak mudah busuk, diantaranya :


1. Memilih kentang yang bagus

Kentang yang disortir oleh para pekerja tadi tentunya kentang yang bagus kentang tidak terkelupas dan tekstur kentang yang tidak berkerut. Besar kecil kentang juga dipisahkan untuk memberikan variasi harga.
Beliau juga menambahkan sebaiknya kentang jangan dicuci cukup dibersihkan dari sisa tanah yang menempel agar kentang tidak hitam ini upaya cara memilih kentang yang bagus.

2. Perlakukan Kentang dengan baik

Para pekerja yang sedang menyortir memperlakukan kentang dengan baik, kentang tidak dilempar-lempar kedalam tempatnya tapi diletakkan dengan aman. Ini dilakukan kata beliau agar kentang tidak lecet atau kulitnya terkelupas.

3. Menyimpang kentang

Selanjutnya beliau menunjukan gudang tempat penyimpanan kentang yang teduh, kering, tidak lembab dan juga tidak terkena paparan matahari langsung. kentang yang sudah disortir pekerja tadi akan dimasukkan kedalam kotak terbuat kayu yang diberi ventilasi atau kata beliau bisa juga dengan karung yang seperti jaring.
Sambil megambil satu buah kentang, beliau mengatakan cara agar kentang tidak hitam penyimpanannya harus baik nantinya kentang tidak mudah busuk dan juga tidak berkecambah.

4. Peletakan kentang

Dengan menunjuk ke tumpukan kentang, beliau memberi tahu sebaiknya kentang jangan terlalu ditumpuk untuk menjaga kentang agar terhimpit sehingga kentang akan lecet atau lebam, dengan mengorek-ngorek beberapa kentang beliau mengambil satu kentang yang tampak akan ada kecambahnya dan memisahkannya, kata beliau pengecekan rutin harus dilakukan berkala.

5. Hindari bersamaan dengan bahan sayuran lainnya

Sambil berkeliling di area beliau menunjukan Gudang hanya untuk penyimpanan kentang saja, ini dilakukan agar kentang tidak ikut terbawa membusuk jika ada sayuran lain yang busuk.


Sekembalinya ketempat duduk semula yang masih ditemani jamuan kopi dan gorengan tadi, saya pun pamit mengakhiri perbincangan yang begitu panjang, tak luput saya mengucapkan banyak terima kasih karena begitu banyak mendapat pengetahuan cara memilih kentang yang baik sampai ke cara penyimpanan kentang tidak mudah busuk dan tahan lama beberapa hari di gudang penyimpanan.
Tags: