Cara Buat Kata Sandi Agar Akun Tidak Diretas

Admin
By -
0

Cara membuat kata sandi yang aman untuk media sosial dan media online lainnya.

Halo sobat Nostapedia, sering kali ada kabar di media sosial yang postingannya tentang adanya akun yang di hack, diretas ataupun di ambil alih oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk kepentingan lain atau sekedar hanya menautkan gambar dan link video dewasa, tentu hal demikian sangat merugikan pemilik akun tersebut.

Password atau kata sandi sangat penting dalam keamanan dari media sosial, makanya membuat kata sandi harus benar-benar diteliti dan mempertimbangkan hal lainnya. Jangan asal mudah diingat kemudian dijadikan password. Sebisa mungkin buat kata sandi yang rumit dan berlawanan dengan sifat pribadi pemilik akun.

Berikut yang harus diperhatikan agar kata sandi yang tidak bisa ditebak orang lain :


1. Kata sandi paling aman jauhi penggunaan data pribadi

Jangan menggunakan password yang berkaitan dengan data pribadi, misalnya tanggal, bulan, dan tahun lahir. Selain itu hindari juga pemakaian peristiwa penting sebagai password misalnya hari ulang tahun, tanggal pernikahan, dan alamat rumah, serta kombinasi nama keluarga.

Meski di profil akun media sosial tidak ditampilkan, namun bisa saja di dalam postingan-postingan ada ucapan atau moment hari kejadian tersebut terekspos sehingga orang lain dengan mudah menebak tanggal, bulan, tahun atau nomor yang berhubungan dengan kejadian penting tersebut.

2. Kata sandi alfabet, angka dan karakter

Buat kata sandi paling kuat dengan mengkombinasikan huruf dan tanda baca serta menyisipkan angka. Penggunaan huruf kecial dan besar serta juga symbol atau karakter lain sangat penting dalam membuat kata sandi.
Contoh kombinasi kata sandi alfanumerik : hdk49bcj63k
Hindari pemakaian dengan mengganti huruf yang hampir sama dengan angka, misalnya “kita” diganti menjadi “k1t4”. Hindari juga penggunaan angka atau huruf secara berurutan.

3. Buat kata sandi email yang bagus

Buat kata sandi paling kuat dan berbeda setiap akun email dan media sosial, untuk menghindari jika media tidak bisa di akses maka bisa dialihkan melalui email.

4. Kegemaran

Contoh kata sandi yang bagus lainnya hindarilah pemakaian dari hobi, minat, kesukaan, dan hal favorit lainnya sebagai nama pengguna ataupun kata sandi dan keamanan lainnya. Karena hal tersebut mudah untuk ditebak dalam menganalis suatu kata sandi media sosial.

5. Keluar dari akun

Keluarkan akun dari perangkat media sosial jika akun tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama atau jarang aktif terutama yang memakai koneksi internet umum misalnya wifi milik orang ataupun akses menggunakan warnet.

6. Tautan link

Jangan pernah menklik atau membuka link yang dikirim oleh orang yang tak dikenal, baik melalui ditandai, di pesan ataupun lainnya. Apalagi link yang bersifat hadiah.
Jika ada link yang menautkan akun, coba periksa di pencarian google untuk memastikan keamanan link.


Jadi, dalam membuat kata sandi atau password yang kuat dan aman jangan asal mudah diingat, karena ketika akun d retas bisa saja dijadikan untuk menipu ataupun berbuat lainnya yang merugikan.
Buatlah beberapa contoh kata sandi yang kuat dan aman kemudian dianalisa dan pastikan sudah benar-benar sulit untuk ditebak.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kata sandi media sosial atau media lainnya. Terima kasih.


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Komentar baru tidak diizinkan.*